​Mbak Endang yang Selalu Menginspirasi

30 10 2017

Sekilas website just try and taste

Saya sempat bingung ketika diberikan tantangan tentang menuliskan sosok penulis favorit, ya karena belakangan koleksi judul buku saya mulai menurun. Saya lebih suka membaca melalui media digital dan sayangnya jarang sekali referensi fiksi yang dibaca. Ada dua orang yang senang sekali saya membaca tulisannya,namun karena tantangannya hanya satu penulis baiklah saya pilih saja mbak Endang. Maklum mak-mak hidup eyke gak pernah jauh dari kompor.

Pertama kali kenal mbak Endang adalah saat saya baking dan gagal, namun kata teman saya rasanya enak. Saya bercerita bagaimana mencari sebuah resep dan kemudian dia merekomendasikan  JTT sebagai referensi. Dengan polosnya saya mengetikk langsung JTT, dari situ saya tahu bahwa JTT kepanjangan dari Just Try and Taste. Adalah Endang Indriani sosok yang berada di balik blog JTT tersebut. Mbak Endang bukan hanya menuliskan bahan dan takarannya saja, namun beliau selalu menuliskan cerita di balik pembuatan masakan tersebut. Saat membaca resep secara tidak langsung pun kita akan mengenal mbak Endang.

Sekarang saya tak pernah ragu untuk menuliskan JTT pada belakang resep yang ingin saya cari. Dan wow hampir semua resep yag saya cari ada di halaman JTT. Mulai dari masakan simpel sampai dengan masakan yang menggunakan puluhan bumbu ada di situ.

Blog JTT yang dibuat pada tahun 2010 tersebut telah berisikan lebih dari 1.000 resep. Dalam blog perempuan asal Praon tersebut menyertakan detil setiap tahapan memasaknya dengan foto yang ia ambil sendiri. Foto-foto tersebut sangat membantu sekali untuk saya, membuat saya lebih yakin apabila pada suatu step tertentu maka seharusnya adonannya akan berbentuk seperti itu. Latar belakang penggunaan foto setiap langkah memasak itu pun berasal dari pengalaman tidak menyenangkan beliau saat mencontek sebuah resep namun hanya ada informasi tentang bahan dan cara membuat, minim info lainnya, dan berakhir pada kegagalan.

Perempuan yang tinggal di bilangan Jakarta Selatan itu juga memberikan tab menu Q & A dasar-dasar baking yang saya yakin sangat berguna sekali bagi pemula seperti saya ini. Beliau juga menerangkan kegunaan dan reaksi setiap bahan kue yang digunakan, jadi kita bukan hanya asal memasukkan setiap bahan namun mampu mengetahui efek setiap bahan yang kita gunakan.

Menjadi tenar pastilah memiliki berbagai halangan, terkait dengan penulisan pada media online pasti rentan sekali dengan pencurian karya. Ada yang mengcopy dan mengakui begitu saja resep yang telah diterbitkan oleh JTT bahkan beserta gambarnya. Dan mbak Endang sangat membenci hal tersebut. Beliau tidak melarang setiap orang untuk mencontek atau bahkan menyebarkan setiap resep yang diterbitkan namun beliau meminta untuk menyertakan tautan asli halaman yang digunakan.

Untuk memfasilitasi teman-teman yang ingin belajar memasak atau memperkaya resep masakan namun jarang sekali bersinggungan dengan internet, karyawati sebuah perusahaan swasta ini telah membukukan resep-resep tersebut. Telah ada lima judul buku yang terbit. Empat  buku tersebut berisikan resep masakan rumahan, sedangkan buku kelima berisikan resep  kue. Gak bakalan rugi pokoknya membeli buku tersebut.

Bagi teman-teman yang bingung mau masak apa boleh kok langsung cus ke website. Atau ingin buat kue namun tak tahu bagaimana caranya, tenang lewat JTT pasti bisa lah! Jadi apalagi yang membuat Anda ragu untuk ke dapur?


Aksi

Information

Tinggalkan komentar